Minggu, 13 Januari 2013

CIRAK : PERMAINAN YANG BISA DIMODIFIKASI

Bermain kelereng biasa disebut cirak di daerah saya. Permainan ini dimainkan oleh dua orang atau lebih. Saat di SD dulu saya biasa bermain cirak bersama teman-teman saya. Permainan ini memerlukan keahlian dalam bidang akurasi atau bidikan. Dalam permainan ini, bisa pula digunakan untuk melatih sportivitas :)

Kali ini saya akan menerangkan aturan dari permainan cirak :
Kelereng disusun secara vertikal (dari depan ke belakang). Kelereng yang disusun merupakan kelereng yang dikumpulkan dari masing-masing pemain, biasanya setiap pemain menyetorkan 3 kelereng untuk satu kali kesempatan. Setelah kelereng disusun, setiap pemain berkesempatan untuk mengenai(ngetis) susunan kelereng dari kepala sampai ekor. Apabila ada pemain yang mengenai kepala dari susunan kelereng, maka semua kelereng boleh diambil dan menjadi miliknya. Apabila kena bagian badan (tengah), maka bagian yang kena sampai kebelakang boleh diambil.
Ada aturan lain yaitu kretek/priktus adalah ketika kelereng yang sudah kena kemudian kelereng yang kena tersebut membentur bagian lain dari susunan kelereng, maka harus disusun kembali dan bukan menjadi milik pemain yang mengetis

Selain cirak kelereng ada juga yang menggunakan bungkus rokok yang dilipat dan disusun secara horizontal. Untuk mengenai bungkus rokok itu menggunakan baterai yang berukuran besar. Aturan yang digunakan sama dengan cirak kelereng.

Demikian penjelasan tentang cirak selain bisa dimainkan dengan kelereng permainan ini juga bisa dimodifikasi lagi...:) SELAMAT BERKREASI

0 komentar:

Posting Komentar